B. Indonesia
B. Indonesia, 15.08.2019 17:10, yyyylo

Bawang merah. semenjak ibu bawang putih meninggal, ibu bawang merah sering berkunjung ke rumah bawang putih. dia sering membawakan makanan, membantu bawang putih membereskan rumah atau hanya menemani bawang putih dan ayahnya mengobrol. akhirnya ayah bawang putih berpikir bahwa mungkin lebih baik kalau ia menikah saja dengan ibu bawang merah, supaya bawang putih tidak kesepian lagi.

dengan pertimbangan dari bawang putih, maka ayah bawang putih menikah dengan ibu bawang merah. awalnya ibu bawang merah dan bawang merah sangat baik kepada bawang putih. namun lama kelamaan sifat asli mereka mulai kelihatan. mereka kerap memarahi bawang putih dan memberinya pekerjaan berat jika ayah bawang putih sedang pergi berdagang. bawang putih harus mengerjakan semua pekerjaan rumah, sementara bawang merah dan ibunya hanya duduk-duduk saja. tentu saja ayah bawang putih tidak mengetahuinya, karena bawang putih tidak pernah menceritakannya.

suatu hari ayah bawang putih jatuh sakit dan kemudian meninggal dunia. sejak saat itu bawang merah dan ibunya semakin berkuasa dan semena-mena terhadap bawang putih. bawang putih hampir tidak pernah beristirahat. dia sudah harus bangun sebelum subuh, untuk mempersiapkan air mandi dan sarapan bagi bawang merah dan ibunya. kemudian dia harus memberi makan ternak, menyirami kebun dan mencuci baju ke sungai. lalu dia masih harus menyetrika, membereskan rumah, dan masih banyak pekerjaan lainnya. namun bawang putih selalu melakukan pekerjaannya dengan gembira, karena dia berharap suatu saat ibu tirinya akan mencintainya seperti anak kandungnya sendiri.

pagi ini seperti biasa bawang putih membawa bakul berisi pakaian yang akan dicucinya di sungai. dengan bernyanyi kecil dia menyusuri jalan setapak di pinggir hutan kecil yang biasa dilaluinya. hari itu cuaca sangat cerah. bawang putih segera mencuci semua pakaian kotor yang dibawanya. saking terlalu asyiknya, bawang putih tidak menyadari bahwasalah satu baju telah hanyut terbawa arus. celakanya baju yang hanyut adalah baju kesayangan ibu tirinya. ketika menyadari hal itu, baju ibu tirinya telah hanyut terlalu jauh. bawang putih mencoba menyusuri sungai untuk mencarinya, namun tidak berhasil menemukannya. dengan putus asa dia kembali ke rumah dan menceritakannya  kepada ibunya.

“dasar ceroboh! ” bentak ibu tirinya. “aku tidak mau tahu, pokoknya kamu harus mencari baju itu! dan jangan berani pulang ke rumah kalau kau belum menemukannya. mengerti? ”

bawang putih terpaksa menuruti keinginan ibun tirinya. dia segera menyusuri sungai tempatnya mencuci tadi. mataharisudah mulai meninggi, namun bawang putih belum juga menemukan baju ibunya. dia memasang matanya, dengan teliti diperiksanya setiap juluran akar yang menjorok ke sungai, siapa tahu baju ibunya tersangkut disana. setelah jauh melangkah dan matahari sudah condong ke barat, bawang putih melihat seorang penggembala yang sedang memandikan kerbaunya. maka bawang putih bertanya: “wahai paman yang baik, apakah paman melihat baju merah yang hanyut lewat sini? karena saya harus menemukan dan membawanya pulang.” “ya tadi saya lihat nak. kalau kamu mengejarnya cepat-cepat, mungkin kau bisa mengejarnya,” kata paman itu.

“baiklah paman, terima kasih! ” kata bawang putih dan segera berlari kembali menyusuri. hari sudah mulai gelap, bawang putih sudah mulai putus asa. sebentar lagi malam akan tiba, dan bawang putih. dari kejauhan tampak cahaya lampu yang berasal dari sebuah gubuk di tepi sungai. bawang putih segera menghampiri rumah itu dan mengetuknya.
“permisi…! ” kata bawang putih. seorang perempuan tua membuka pintu.
“siapa kamu nak? ” tanya nenek itu.

“saya bawang putih nek. tadi saya sedang mencari baju ibu saya yang hanyut. dan sekarang kemalaman. bolehkah saya tinggal di sini malam ini? ” tanya bawang putih.
“boleh nak. apakah baju yang kau cari berwarna merah? ” tanya nenek.
“ya nek. apa…nenek menemukannya? ” tanya bawang putih.

“ya. tadi baju itu tersangkut di depan rumahku. sayang, padahal aku menyukai baju itu,” kata nenek. “baiklah aku akan mengembalikannya, tapi kau harus menemaniku dulu disini selama seminggu. sudah lama aku tidak mengobrol dengan siapapun, bagaimana? ” pinta nenek. bawang putih berpikir sejenak. nenek itu kelihatan kesepian. bawang putih pun merasa iba. “baiklah nek, saya akan menemani nenek selama seminggu, asal nenek tidak bosan saja denganku,” kata bawang putih dengan tersenyum.

selama seminggu bawang putih tinggal dengan nenek tersebut. setiap hari bawang putih membantu mengerjakan pekerjaan rumah nenek. tentu saja nenek itu merasa senang. hingga akhirnya genap sudah seminggu, nenek pun memanggil bawang putih.
“nak, sudah seminggu kau tinggal di sini. dan aku senang karena kau anak yang rajin dan

1.kesimpulan dari bacaan diatas adalah

answer
Jawaban: 2

Pertanyaan Lain: B. Indonesia

image
B. Indonesia, 19.08.2019 15:47, TarisaHumaira7893
Seorang anak yang massanya 45 kg berada di lantai 10 sebuah gedung bertingkat jika jarak antar lantai 5 meter ,hitunglah energi potensial anak tersebut
Jawaban: 2
image
B. Indonesia, 19.08.2019 18:20, munnalida3354
Kandungan listrik yang terkandung oada buah, contoh kata rujukannya
Jawaban: 3
image
B. Indonesia, 25.10.2015 15:59, Andi9136
Apa saja contoh benda yang mengandung magnet
Jawaban: 2
image
B. Indonesia, 06.03.2016 04:06, brakers46
Puisi lingkungan dijadikan sebuah prosa
Jawaban: 1
Apakah Anda tahu jawaban yang benar?
Bawang merah. semenjak ibu bawang putih meninggal, ibu bawang merah sering berkunjung ke rumah bawan...

Pertanyaan:

Konu
Fisika, 08.04.2020 13:22
Total masalah yang diselesaikan di situs: 28920867